Baidu Mulai Produksi Massal Minibus Otonom


Teknologi / Saturday, July 7th, 2018

Baidu Inc, perusahaan teknologi asal China, mulai memproduksi massal minibus otonom. Minibus tanpa pengemudi pertama di China tersebut bakal dipakai sebagai sarana transportasi di tempat wisata dan bandara.

Minibus otonom bernama Apolong itu dilengkapi 14 kursi berukuran sepertiga kursi bus normal. Dalam membuatnya, Baidu bekerja sama dengan karoseri bus King Lon. Peluncuran pokercc dilakukan pada Kamis (5/7/2018) waktu setempat.

Dilansir Neowin, CEO Baidu, Robin Li, mengatakan, Apolong akan dipakai sebagai sarana transportasi di sejumlah destinasi rekreasi serta bandara di Beijing, Guangzhou, Shenzhen, dan kota baru di China bernama Xiong’an.

Di Apolong tersimpan sistem otomatisasi tingkat empat. Tingkat empat adalah teknologi kecerdasan buatan paling tinggi yang tersemat di bus otonom. Apolong bisa beroperasi di jalan mana saja tanpa butuh keberadaan sopir.

Baidu adalah perusahaan di China yang paling bersemangat dalam memproduksi kendaraan otonom untuk kebutuhan publik pada masa depan. “Dalam waktu dekat, China akan mengekspor teknologi AI ke dunia,” kata Li.

Belum lama ini, di Amerika Serikat, perusahaan toko modern Kroger bekerja sama dengan perusahaan transportasi Nuro bersiap menghadirkan mobil otonom. Fungsinya bukan untuk mengangkut penumpang, tetapi mengantar pesanan barang.

Kroger bertindak sebagai penyedia barang kebutuhan, sedangkan Nuro bertanggung jawab menyiapkan armada pengantar. Nantinya barang-barang pesanan pelanggan lewat sistem ClickList akan dikumpulkan dan ditempatkan di mobil otonom Nuro.