Gokil! Penjualan Cryptocurrency Capai Rp 200 Triliun


Teknologi / Saturday, July 7th, 2018

Setelah sempat anjlok, pasar cryptocurrency kembali menggeliat. Penjualan mata uang kripto melonjak sepanjang lima bulan pertama tahun ini. Bahkan, penjualan mata uang kripto pada periode itu hampir berlipat ganda ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Penjualan mata uang kripto sampai mei 2018 paling banyak dilakukan melalui penawaran umum koin atau ICO nagapokerqq
. Rekapitulasi tersebut terungkap berdasarkan laporan Divisi Strategi dan Konsultasi PwC & Crypto Valley Association di Swiss.

Menurut data itu, penjualan mata uang kripto selama lima bulan tahun ini mencapai USD 13,7 miliar atau sekitar Rp 200 triliun. Pemicunya, startup teknologi bidang blockchain yang ada di seluruh dunia tak berhenti menggalang dana.

Penjualan mata uang kripto dan token melalui skema ICO melampaui penjualan yang dilakukan oleh perbankan maupun perusahaan modal ventura yang kerap menjadi perantara.

Business Standar melansir, Jumat (29/6/2018), penjualan mata uang digital dari 537 ICO melampui total penjualan tahun lalu sebesar USD 7 miliar. Paling sukses menggelar ICO dengan penawaran besar adalah perusahaan layanan pesan asal Rusia, Telegram, dan mata uang EOS milik Block.one.

Telegram meraup USD 1,7 miliar tanpa melakukan penjualan token ke publik. EOS mengumpulkan lebih dari USD 4 miliar dalam penawaran token pada pertengahan tahun lalu.