Twitter Hapus 70 Juta Akun, Ada Apa?


Teknologi / Saturday, July 7th, 2018

Twitter baru-baru ini menyatakan bahwa mereka telah mengembangkan teknologi untuk menemukan akun yang layak ditangguhkan atau dihapus. Karenanya dalam dua bulan terakhir, Twitter berhasil menghapus lebih dari 70 juta akun.

Menurut laporan The Washington Post, terhitung sejak Oktober 2017 lalu, jumlah akun yang dihapus Twitter juga meningkat menjadi dua kali lipat. Selain itu, Twitter juga terus menangguhkan sebanyak 1 juta akun setiap harinya.

Meski begitu, tindakan tegas Twitter juga berdampak negatif pada perusahaan. Sebab, menurut salah satu orang penting di lingkungan Twitter yang tak disebutkan namanya, tindakan tersebut memiliki efek negatif terhadap nilai saham dan juga pemegang saham perusahaan besutan Jack Dorsey itu.

Walaupun demikian, Twitter dipastikan akan terus melakukan tindakan tegas dengan menghapus akun-akun anonim yang dapat mengancam keamanan publik maupun pengguna. Diungkapkan VP for Trust and Safety Twitter, Del Harvey, Twitter telah memutuskan untuk mementingkan keamanan publik daripada mengutamakan kebebasan berekspresi.

Ia mengatakan, jika pihaknya lebih mementingkan kebebasan berekspresi, maka sangat kecil kemungkinan orang-orang tidak merasa aman.

“Salah satu pergeseran terbesar adalah bagaimana kita berpikir tentang menyeimbangkan kebebasan berekspresi versus potensi kebebasan berekspresi untuk mendinginkan ucapan orang lain,” kata nagaqq.

“Ekspresi yang bebas tidak terlalu berarti jika orang tidak merasa aman,” tegas Harvey.

Hingga akhir tahun lalu, Twitter sendiri memiliki 330 juta pengguna aktif bulanan. Namun berdasarkan laporan kuartal kedua, tindakan tegas Twitter membuat jumlah pengguna aktif bulanan media sosial tersebut menunjukkan penurunan. (FHP)